seminar-fix.png
admin
21/Oct/2021

Kegiatan Mini Seminar “Pentingnya Skrining dan Pemeriksaan Mata Rutin Bagi Bayi Premature” yang dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2019 di Ruangan Lantai 1 (Lobby Utama) Surabaya Eye Clinic

Simak ulasan lengkapnya di
www.surabayaeyeclinic.co.id
———————————–
Informasi Lebih Lanjut :
Surabaya Eye Clinic
Jl. Raya Jemursari No. 108 Surabaya
Telp : 031-8495502 / 031-8433050


SEC-fix.png
admin
21/Oct/2021

Dalam rangka Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) Oktober 2018

Surabaya Eye Clinic proudly presents

SCIENTIFIC EYE CENTER

Hari : Minggu

Tanggal : 4 November 2018

Pukul : 09.00-12.00

Tempat : Ibis Style Hotel – Jalan Raya Jemursari 107 Surabaya

Dapatkan materinya dengan klik link dibawah ini:

1. HOW TO MANAGE EMERGENCY IN OCULAR TRAUMA

2. WHEN  CATARACT  SURGERY  TO  PERFORM

3. WHAT HAPPEN IN DIABETIC EYE?

4. What General Practioner Should Do In Red Eye management?

5. Children Eye Screening – When and How -?

6. LASIK VS LASIK XTRA

7. The Role of Diabetic Atherosclerotic Hypertension and Target Organ Damage


gadget-fix.png
admin
21/Oct/2021

Menatap monitor komputer, smartphone maupun gadget lain seperti tablet dan lain lain untuk waktu yang lama menyebabkan mata sering merasa kering dan lelah.

Mata kita bisa terasa kabur, tegang dan fatigue (lelah). Beberapa orang sampai merasakan sakit kepala bahkan ada perasaan agak “mabuk” semacam motion sickness ketika melihat gambar 3 dimensi. Hal ini mengindikasikan ada masalah dengan fokus atau persepsi kedalaman.

Apa aja sih yang menyebabkan mata menjadi lelah?

Normalnya, mata manusia berkedip 15 kali per menit, tapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika kita menggunakan komputer atau gadget.

Membaca terlalu lama, menulis dan kegiatan melihat dekat lainnya juga bisa menyebabkan ketegangan mata.

Tips untuk mengurangi gangguan mata akibat komputer dan gadget:

  1. Jarak mata dengan monitor kurang lebih sekitar 60 cm. Posisi tepi atas monitor harus dibawah eye level sehingga pandangan mata sedikit menunduk.
  2. Perhatikan brightness dari monitor. Ideal brightness ialah sekitar 80%
  3. Perhatikan rules of 20-20-20. Tiap 20 menit, pejamkan mata atau alihkan pandangan ke arah yang jauh selama 20 detik.
  4. Gunakan tetes air mata buatan apabila mata terasa kering.
  5. Perhatikan cahaya lampu harus cukup agar mata tidak bekerja terlalu keras.
  6. Untuk pengguna contact lens: contact lens dapat memicu mata kering dan iritasi lebih parah. Sehingga pertimbangkan untuk :

– Beri mata istirahat dengan sesekali menggunakan kaca mata

– Copot contact lens setiap menjelang tidur malam

– Bersihkan contact lens dengan pembersih khusus

Apabila setelah menjalankan tips ini, mata masih nampak kabur, berair atau nampak merah dan terasa tegang dan lelah. Hubungi dokter spesialis mata terdekat.

#SalamSehatMata


obat-tetes-fix.png
admin
21/Oct/2021

Obat tetes mata sering kali diperlukan dalam mengobati kondisi penyakit-pemyakit mata, baik yang bersifat sementara seperti infeksi (conjunctivitis dll) atau yang bersifat kronis seperti glaukoma, mata kering ( dry eyes).

Menggunakan obat tetes mata secara benar, akan membuat pengobatan menjadi lebih efektif dan juga lebih efisien karena tidak jarang obat tetes mata mahal harganya, sehingga penggunaan haruslah tepat.

Berikut tips penggunaan tetes mata pada dewasa :

1. Cuci tangan dengan air dan sabun lalu keringkan dengan tissue bersih

2. Buka tutup botol tetes mata, dan pastikan untuk TIDAK menyentuh tip / ujung dari obat tetes mata.

3. Posisikan badan secara berbaring atau kepala mendongak maksimal. Kedua mata dibuka lebar dan fokuskan mata pada 1 titik fokus di langit-langit.

4. Dua jari menarik kelopak mata bawah hingga membentuk kantung dan tangan lainnya memegang botol tetes mata. Posisikan botol tetes mata dengan jarak 2-2,5 cm diatas kantung kelopak bawah mata.

Teteskan 1 tetes obat mata dan lepaskan jari tangan yang memegangi kelopak mata. Pastikan ketika menetesi, tip atau ujung botol tetes mata tidak menyentuh bulu mata karena di bulu mata banyak prganisme yang bisa menimbulkan kontaminasi obat tetes mata.

Tutup mata secara perlahan dan ubah posisi kepala menjadi menunduk. Usahakan jangan berkedip agar obat tetes mata tidak keluar sebelum sempat diserap dengan baik

5. Bila memakai contact lens, kadang contact lens harus dilepas dahulu. Kecuali bila dokter mata menyatakan lain.

6. Bila ada 2 atau lebih obat tetes mata yang harus dipakai, langkah demi langkah yang harus dilaksanakan sama. Hanya saja, beri jeda minimal 5 menit untuk memberi kesempatan mata menyerap obat tetes mata yang lebih awal.

7. Untuk lebih memaksimalkan jumlah obat tetes mata berada dalam mata, maka tekanlah secara lembut bagian dalam mata yang mendekati hidung selama kurang lebih 1 menit.

8. Tutup kembali obat tetes mata dan jangan menyentuh tip/ujung botol tetes mata

9. Seka sisa tetes mata dengan tissue bersih

10. Cuci tangan dengan air dan sabun lalu keringkan dengan tissue bersih

 

Bagaimana dengan tips pemberian obat tetes mata pada anak-anak?


myopia-fix.png
admin
21/Oct/2021

Mata minus (myopia) ialah kondisi penglihatan dimana objek yang letaknya jauh terlihat suram/kabur namun objek yang letaknya dekat, masih dapat jelas terlihat.

Mata minus ini bisa berkembang secara pelan ataupun bisa juga secara cepat. Kadang lebih parah pada saat anak2 atau ketika  beranjak dewasa, dan lebih stabil menginjak usia 30-40 tahun. kondisi mata minus ini dapat dipengaruhi oleh faktor genetik

Gejala mata minus : kabur saat melihat jauh, perlu memicingkan mata agar objek terlihat lebih jelas, kesulitan berkendara terutama malam hari, sering pusing karena eyestrain berlebihan.

Image

Pada anak-anak, gimana dong deteksi mata minus ini?

Anak dengan mata minus sering terlihat harus mendekat saat melihat tv, atau papan tulis, sering mengucek mata, kalau baca buku dekat, sering berkedip dan kadang terlihat juling.

Pada mata minus, cahaya tidak bisa difokuskan tepat di retina, tapi di depan retina. Nah, hal ini membuat bayangan terlihat kabur.

Image

Pada mata normal, karena kelengkungan kornea dan panjang axial lensa normal, maka bayangan difokuskan tepat di retina sehingga tampak jelas. Pada mata minus, kelengkungan kornea terjadi berlebihan dan panjang axial lensa mata juga lebih dari normal sehingga bayangan nampak kabur karena titik fokus terletak di depan retina.

Nah…ternyata ada hal-hal yang merupakan faktor resiko terjadinya mata minus (myopia) ini. Yaitu : faktor keturunan (genetik) dan satu lagi ialah sering melihat pada jarak dekat. Nah..lho..yang suka didepan komputer/main games/ BBM-an :p hati-hati yaaa!

Apa bila ada gejala-gejala diatas, maka segera ke dokter mata untuk pemeriksaan menyeluruh.

Kenapa gak ke Optik aja?

Untuk awal, perlu pemeriksaan lengkap oleh dokter mata, agar memastikan bahwa kabur yang dialami murni karena faktor refraksi saja. Bukan karena sebab lain.

Pada anak-anak, apabila ada gejala seperti diatas, umur berapa bisa dibawa ke dokter?

Dokter mata (terutama subspesialis mata anak) dapat mendeteksi kelainan minus/plus/silinder pada anak bahkan sejak mereka < usia 6 bulan. Dengan menggunakan metode objektif dalam pemeriksaan refraksi yaitu dengan menggunakan alat streak retinoscope.

Image

Apabila sudah terdiagnosis mata minus, maka ada beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk memperjelas penglihatan. Misalnya : kacamata, soft lens atau bahkan prosedur operasi seperti LASIK atau Clear Lens Extraction.

Untuk memilih berbagai alternatif pengobatan pada Myopia ((Mata Minus)  orang dewasa, keputusan ada di tangan anda sendiri! Nah..bagaimana menentukannya?

Cara menentukan apakah kacamata/softlens/lasik, ialah dengan mengacu pada aktivitas anda sehari2. Kalau anda bukan orang yang suka olahraga- dan tidak terkendala dengan pemakaian kacamata dalam aktivitas sehari-hari, ya kacamata tepat untuk anda. Namun kalau anda aktif berolahraga dan pada pekerjaan sehari-hari tidak boleh memakai kacamata (misalnya: pramugari, pramuniaga atau ABRI), maka LASIK adalah pilihan yang tepat.

Kalau mata minus (myopia) pada anak-anak, maka yang menentukan dan mengambil keputusan ialah orang tua. Pada anak-anak, kita harus waspada akan Mata Malas (Amblyopia) karena itu,penggunaan kacamata secara benar sangat diperlukan.


diabetik-retinopati-fix.png
admin
21/Oct/2021

Teman-teman….kali ini saya akan share tentang Diabetik Retinopati ya..:)

Sebelum bahas Diabetik Retinopati, kita bahas dulu tentang Diabetes.

Apa itu Diabetes?

Diabetes alias kencing manis sendiri ialah kondisi dimana tubuh tidak memproduksi cukup insulin untuk merubah gula menjadi energi lalu sebabkan penumpukan gula dlm darah.   Hal ini mengakibatkan berbagai masalah, termasuk di mata yaitu menjadi kasus Diabetik Retinopati yg dapat sebabkan kebutaan.

Apa sih Diabetik Retinopati itu?

Diabetes Retinopati adalah gangguan pembuluh darah di retina pada pasien yang mengidap diabetes mellitus (kencing manis). Diabetik Retinopati ini merupakan penyebab utama kebutaan baru pada orang dewasa bekerja di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Tempat terjadinya kelainan diabetik retinopati ini ialah di retina alias mata di bagian belakang (segmen posterior), jadi tak nampak dr luar. Dari luar maka mata nampak baik-baik saja tapi penglihatan terasa kabur.

Dimana sih letak retina itu?

Coba kita lihat gambar ini

Image

Retina ialah lapisan syaraf yang ada di belakang bola mata.

Diabetes Retinopati pertama kelihatan setelah berkembang secara perlahan-lahan selama beberapa tahun sebagai Retinopati Background yang merupakan tahap awal diabetik retinopati. Pada tahap awal ini, timbul bintik darah kecil atau kumpulan lemak tampak pada retina.

Berikut gambaran retina yang mengalami background retinopati

retinopati background

pada background retinopati ini mulai terjadi perdarahan-perdarahan kecil pada retina dan mulai timbul eksudat-eksudat pada retina. Namun tajam penglihatan masih bagus.

Coba dibandingkan dengan gambaran retina yang normal

normal-retina-180pxRetinopati proliferatif berkembang dari retinopati background dan merupakan penyebab dari sebagian besar kebutaan pada diabetik. Pada retina yang mengalami diabetik retinopati, terdapat perdarahan2 kecil dan eksudat yang lama-kelamaan berkembang menjadi proliferatif.

Apabila sudah menjadi proliferatif diabetik retinopati yang parah maka kondisi retina akan nampak sebagai berikut

Diabetic Retinopathy Proliferative Severe Retina Disease-resized-600

Pada kondisi seperti ini bisa dipastikan tajam penglihatan dan lapangan pandang akan sangat terganggu. Pada tahap proliferatif, pembuluh darah baru tumbuh pd permukaan retina dan saraf optik. Pembuluh darah baru ini cenderung utk pecah dan menimbulkan perdarahan.

Luka pada jaringan pembuluh darah yang pecah dapat juga berkontraksi dan menarik retina, menyebabkan terlepasnya retina dan kebutaan 🙁

Biar lebih jelas, apa yg terjadi ketika Diabetes Mellitus (kencing manis) berkomplikasi ke mata (retina), sila lihat

Understanding Proliferative Diabetic Retinopathy

Resiko diabetes retinopati meningkat seiring lamanya penyakit diabetes mellitus diderita. Sekitar 60% pasien yang sudah menderita diabetes selama 5 tahun atau lebih, kebanyakan mengalami kerusakan pembuluh darah pada mata mereka.

Bagaimana gejala Diabetik Retinopati?

Penglihatan kabur, tidak stabil (kadang kabur kdg jelas). Terlihat adanya jaring laba-laba atau bintik-bintik kecil pd lapang penglihatan. Pada beberapa pasien, kebocoran pembuluh darah mengalir ke dalam makula mata, yaitu bagian retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral (pusat), menyebabkan hilangnya penglihatan sentral / pusat.

Apabila ini contoh penglihatan orang normal

4.1.1

Maka, orang yang mengalami Diabetik Retinopati akan mempunyai penglihatan yang terganggu seperti ini

4.1.1

Apa yang dapat dilakukan oleh penderita Diabetes untuk mencegah Diabetes Retinopati?

Yg hrs dilakukan ialah mengontrol kadar gula darah &tekanan darah dengan mengatur pola makan sehat untuk kurangi resiko diabetes retinopati.

Dan jangan lupa, pada penderita Diabetes Mellitus untuk kontrol teratur ke dokter spesialis mata setiap 6 bulan utk pemeriksaan retina.

Karena semakin dini diketahui, maka komplikasi lanjut dari Diabetik Retinopati insyaAllah lebih bisa dicegah.

Apa saja jenis pengobatan yang tersedia untuk Diabetes Retinopati?

Pengobatan laser digunakan untuk menutup atau mengangkat kebocoran pembuluh darah yang tidak normal.

Namun apabila kondisi Retinopati sdh pada tahap yang lebih kompleks (profliferatif), kemungkinan prosedur operasi vitrektomi harus dilakukan.

Bagaimanapun pencegahan ialah yang terbaik dan deteksi dini pemeriksaan retina oleh dokter mata pada penderita diabetes penting dilakukan.

Demikian sharing tentang Diabetes Retinopati hari ini…semoga bermanfaat. Bila ada yang hendak didiskusikan feel free to mention akun Twitter saya di @RozalinaLoebis yaa 🙂 Atau

Surabaya Eye Clinic
Jalan Raya Jemursari 108 Surabaya 60237
Telp  031-8495502 / 031-8433050
Fax  031-8412473
Email: contact@surabaya-eye-clinic.com
Facebook Page : Klinik Mata Surabaya
Twitter: @klinik_mata_sby


bintitan-fix.png
admin
21/Oct/2021

Bintitan atau istilah medisnya HORDEOLUM ialah infeksi akut pada kelenjar yang berada di kelopak mata.

Jadi, dikelopak mata ada 2 macam kelenjar. Yg bagian dalam ialah kelenjar Meibom yg kalau terinfeksi menyebabkan Hordeolum externum. Dan yang bagian luar ialah kelenjar Zeiss (bila infeksi menyebabkan hordeolum internum)

Apa penyebab bintitan (hordeolum) ? Hordeolum bisa disebabkan oleh kuman dan yang paling sering terjadi ialah infeksi kuman Staphylococcus Aureus.

Kuman ini menginfeksi kelenjar di kelopak mata dan mengakibatkan timbulnya bintitan (hordeolum).

Bintitan (Hordeolum) ini akan nampak sebagai benjolan berwarna kemerahan di kelopak mata. Nyeri dan kadang bila lebih dari 1 kelenjar yang terinfeksi, kelopak mata tampak bengkak menyeluruh.

Dokter Mata akan menegakkan diagnosis berdasarkan riwayat penyakit dan inspeksi secara klinis. Tidak perlu pemeriksaan laboratoris walaupun, ada penelitian yang menyebutkan bahwa bintitan (hordeolum) ini ada hubungannya dengan kadar kolesterol darah.

Untuk mencegah komplikasi lanjut dari bintitan (hordeolum), perlu dilakukan terapi.

Pada saat awal terjadi, kompres kelopak mata dengan es batu yg dibungkus kain bersih (kompres dingin) selama 10 menit dengan frekuensi 4 kali sehari.

Karena penyebabnya ialah bakteri, maka diperlukan pemberian antibiotika. Antibiotika ini bisa diberikan secara topikal (lokal) berupa salep mata ataupun sistemik (diminum) apabila sudah ada indikasi komplikasi.

Kadang bila hordeolum ini besar atau tidak responsif terhadap obat, pembedahan (berupa insisi dan drainase) diperlukan.

Karena ada kemungkinan untuk kambuh, maka faktor resiko hordeolum harus dihilangkan. Bagaimana caranya?

Yaitu dengan rajin membersihkan kelopak mata dengan air hangat dan rutin kompres hangat pada kelopak mata.


Pemeriksaan-mata-fix.png
admin
21/Oct/2021

Pemeriksaan mata secara reguler sangat penting baik untuk anak-anak maupun usia dewasa. Perlu diingat, salah satu fungsi mata ialah sebagai jendela tubuh, sehingga melalui mata bisa dilihat indikator-indikator kesehatan tubuh secara menyeluruh. Seperti juga kondisi kesehatan lainnya, kondisi mata dapat diperbaiki apabila kelainan pada mata dideteksi secara dini. Sangat penting untuk menyediakan waktu cukup dalam jadwal keseharian kita untuk melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh.

Untuk pemeriksaan mata, silahkan hubungi alamat dibawah ini :

Surabaya Eye Clinic
Jalan Raya Jemursari 108 Surabaya 60237
Telp  031-8495502 / 031-8433050
Fax  031-8412473
Email: contact@surabaya-eye-clinic.com
Facebook Page : Klinik Mata Surabaya
Twitter: @klinik_mata_sby


Pengaruh-games-fix.png
admin
21/Oct/2021

Dengan berkembangnya kemajuan teknologi, maka penggunaan computer untuk anak pun sekarang semakin banyak terjadi. Bukan saja di sekolah yang memang sudah ada pelajaran computer untuk anak-anak usia TK –SD, namun juga dirumah.

Berdasarkan penelitian dokter-dokter mata di Amerika,  penggunaan computer berlebihan dapat mempercepat angka kejadian myopia (mata minus) pada anak-anak. Komputer dapat menimbulkan dampak buruk pada mata anak, yaitu dapat mempercepat timbulnya myopia (mata minus) juga memperparah derajat mata minus yang diderita si anak.

Dengan posisi duduk di depan computer untuk jangka waktu beberapa jam, dapat memperberat kerja otot mata untuk mengatur focus dan menimbulkan eye strain (ketegangan mata). Lain halnya dengan kira – kira 20 tahun yang lalu, dimana anak-anak lebih sering bermain di luar rumah. Hal ini membutuhkan penglihatan jauh yang tidak membebani otot mata.

Pada usia anak, system perkembangan penglihatan belum berkembang optimal, karena itu penggunaan computer pada anak harus dengan hati-hati.

Untuk pencegahan terjadinya “COMPUTER VISION SYNDROME” pada anak, maka harus dilakukan :’

1.    Pemeriksaan mata secara menyeluruh sebelum anak masuk usia sekolah

2.    Meja dan kursi computer harus disesuaikan dengan postur si anak, bukan orang dewasa

3.    Jarak antara monitor dan mata anak yang direkomendasikan ialah antara 18-28 inch. Jarang kurang dari 18 inch dapat menimbulkan ketegangan pada otot mata.

4.    Memakai Flat / LCD screen monitor dengan resolusi setinggi mungkin. Apabila terpaksa memakai monitor CTR, pilih refresh rate > 75 Hz

5.    Pilihlah display yang besar, paling tidak diagonalnya sekitar 19 inch

6.    Orang tua dan guru harus waspada dengan perlakuan perlakuan yang mencurigakan dari anak seperti : sering menggosok mata, kepala  yang sering miring, keluhan mata kabur, mata sering merah dan postur tubuh yang tidak biasa ketika memakai computer

7.    Bawalah anak anda untuk diperiksa ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan mata menyeluruh.

Demikian tips yang bisa saya berikan ya Mama..semoga bermanfaat.




Contact us


Hubungi Kami

(031) 8495502
(031) 8433050


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

contact@surabayaeyeclinic.co.id



VISI KAMI


Menciptakan pelayanan kesehatan mata paripurna sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita.


Subscribe Channel Kami


Tolong bantu support kami dengan melakukan subscribe terhadap akun youtube kami, Agar kami selalu berbagi informasi video kepada anda.


Subscribe


Social networks


Facebook

www.facebook.com/SEC


Twitter

#SEC


Instagram

Follow Kami



Contact us


Hubungi Kami

(031) 8495502
(031) 8433050


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

contact@surabayaeyeclinic.co.id



VISI KAMI


Menciptakan pelayanan kesehatan mata paripurna sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup penderita


Subscribe Channel Kami


Tolong bantu support kami dengan melakukan subscribe terhadap akun youtube kami, Agar kami selalu berbagi informasi video kepada anda.


Subscribe


Social networks


Facebook

www.facebook.com/SEC


Twitter

#SEC


Instagram

Follow Kami




Copyright by Markbro 2021. All rights reserved.



Copyright by Markbro 2021. All rights reserved.



Open chat